EMPLOYABILITY SKILL DAN ETIKA KOMUNIKASI
A.PENDAHULUAN
a.pengertian
Employability skill adalah suatu skill yang dibutuhkan untuk bekerja maupun mempertahankan suatu pekerjaan.
Etika komunikasi adalah etika yang dibutuhkan untu melakukan komunikasi
b.Latar belakang
Karena belum memiliki skill komunikasi yang baik dan belum bisa menerapkan aspek komunikasi pada employability skill
B.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud agar yang tadinya hanya tahu menjadi lebih tahu tentang komunikasi
Tujuan supaya tidak bingung ketika mau diajak bicara oleh siapapun
C.BATASAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Mengetahui pentingnya employability skill dan etika ketika berkomunikasi
D.HASIL YANG DIHARAPKAN
- Bisa menerapkan aspek komunikasi dalam employability skill dengan baik
- Bisa menerapkan komunnikasi secara tidak gugup
E.METODE PELAKSANAAN
-Mendengarkan penjelasan dari mas alindra
-Berdiskusi
-bertukar pendapat
F.ALAT DAN BAHAN
-
G.TARGET WAKTU
2 jam(14.00-16.00)
H.TAHAPAN PELAKSANAAN
-Berdiskusi
Etka komunikasi adalah sikap atau etika kita saat berbicara kepada orang lain dan adapun tata caranya sebagai berikut:
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
I.TEMUAN MASALAH DAN PENYELESAIANNYA
Masih ragu untuk melakukan komunikasi secara langsung atau tidak gugup saat berbicara
solusi : lebih berani untuk berbicara lebih dahulu atau menentukan topik
J.REFERENSI
-Buku ETIKA_KOMUNIKASI.pdf