SOFT SKILL
PENDAHULUAN
Pengertian
SOFT SKILL adalah sikap atau prilaku baik yang bisa membuat kita mejadi sukses di masa depan karena percuma saja apabila kita memiliki hard skill yang baik tetapi kita tidak memiliki soft skill yang baik juga orang orang tidak bisa memercai kita
b. Latar belakang
Selai kita harus memiliki hard skill kita juga harus memiliki soft skill karena soft skill perannya lebih penting dari pada hard skill
MAKSUD DAN TUJUAN
Membahas pentingnya soft skill bagi kesuksesan hidup supaya bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
-Pengertian soft skill
-Area soft skill
TARGET YANG DI HARAPKAN
Bisa mengimplementasikan soft skill dalam hidup agar bisa sukses di masa mendatang
METODE PELAKSANAAN
-Berdiskusi
-Tanya jawab
ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Charger
-Ebook sukses bersama soft skill.pdf
TARGET WAKTU
08.00-12.00
TAHAPAN PELAKSANAAN
SOFT SKILL
soft skill merupakan sikap atau prilaku baik yang bisa membuat kita sukses untuk masa mendatang karena hard skill saja tidak cukup untuk bisa sukses. Hard skill yang baik tanpa di adanya soft skill yang baik pula maka belum tentu kita bisa sukses di masa mendatang karena kebiasaan kebiasaan sikap yang baik atau soft skill itu sangat menunjang kesuksesan kita
Soft skill memiliki 7 area yang di singkat COLLEGE (Comunication skill, Orgnization skill, Leadership, Logic, Effort, Group skill, Ethics)
Pembahasa COLLEGE:
1. Communication skill (skill berkomunikasi)
skill komunikasi di bagi menjadi 2 yaitu komunikasi lisan dan tertulis mencakup komunikasi lisan
Beberapa tips komunikasi lesan:
-berbicara dengan jelas
-berbicara dengan lengkap supaya tidak menimbulkan pertanyaan pertanyaan baru
-gunakan alat bantu saat berkomunikasi
-berbicara poin poinya saja
Tips komunikasi tertulis:
-sampaikan dengan padat dan jelas
-gunakan poin penekanan
-jadi editor mandiri
2. Organization skill
organization skill ini meliputi managemen waktu, meningkatkan motivasi, menjaga kesehatan dan penampilan
-Managemen waktu
managemen waktu sangatlah penting supaya kita bisa melakikan pekerjaan atau kegiatan dengan terstrukturagar bisa managemen waktu bisa dengan metode: buat daftar kegiatan telebih dahulu, buat skala prioritas, perkirakan kebutuhan waktu, alokasikan waktu, evaluasi kegiatan yang sudah di lakukan
-Meningkatkan motivasi
tips memotivasi diri bagi tugas yang besar, tetapkan sasaran tiap kerja, gunakan aturan 5 menit, beri hadiah pada diri ketika sudah melakukan kegiatan
-menjaga penampilan
tips menjaga penampilan kenakan pakaian yang tepat, rambut yang rapi, pancarkan percaya diri
3. Leadership (berkepimpinan)
kemudian slah satu soft skill yang yangat peting yaitu berjiwa kepimpinan karakteristik pemimpin yang baik adalah:
-Memiliki Visi
-Cakap secara Teknis
-Membuat Keputusan Tepat
-Berkomunikasi dengan Baik
-Memberikan Keteladanan
-Mampu Mempercayai Orang
-Mampu Menahan Emosi
-Tahan Menghadapi Tekanan
-Bertanggung Jawab
4. Logic
kemudian soft skill yang tidak kalah penting yaitu Logic meliputi bisa menyelesaikan masalah, berfikikr kreatif
langkah menyelesaikan masalah:
- Rumuskan masalah
- Temukan alternatif solusi
- Analisa tiap alternatif
-Pilih alternatif terbaik
-Laksanakan pilihan solusi
-Evaluasi hasil
berfikir kreatif meliputi:
-Proses penciptaan jalan keluar dari suatu masalah
-Tidak harus menemukan peralatan ajaib
-Berpikir di luar kebiasaan
-Fokus untuk menyelesaikan masalah
5. Effort
soft skill Effort meliputiKetahanan Menghadapi Tekanan, Asertif atau sikap atara pasif dan agresif, Kemampuan dan kemauan belajar
6. Group skills
kemutian soft skill yang sangat berguna sekali dalam bekerja yaitu kerja sama tim kenapa kerjasama tim sangat penting karena apabila dalam sebuah tim ada seseorang yang tidak memiliki sifat kerjasama tim maka pekerjaan akan sulit untuk di kerjakan
hambatan hambatan dalam kerjasama tim:
-ketika ada tim yang tidak tahu ruang lingkup kerja dan tidak berusaha untuk tahu
-enggan membuka diri atau tidak ada komunikasi
-berprasangka buruk atau kerja tidak dengan sepenuh hati
7. Ethics
yang terahir yaitu etika kerja kenapa etika kerja sangat penting, karena 87% orang kehilangan kerja karena tidak memiliki etika kerja yang baik
etika kerja adalah belajar membedakan antara yang salah dan yang benar dalam dunia kerja
beberapa karakter etika kerja yang di butuhkan pekerjaan:
-dapat di percaya
-hormat
-bertanggung jawab
-perhatian
-adil
-taat peraturan
TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN
-Masih pasif saat berdiskusi penyelesaianya harus di pancing dengan pertanyaan pertanyaan terlebih dahulu
KESIMPULAN
Soft skill sangatlah penting apalagi dalam dunia kerja karena industri membutuhkan 80% soft skill dan hanya 20% hard skill dan soft skill juga bisa menjadi salah satu kunci sukses
REFERENSI
-Ebook SUKSES DENGAN SOFT SKILL.pdf