SKKNI 2020-234 SOFT SKILL || BLC TELKOM KLATEN

 SKKNI 2020-234 SOFT SKILL


PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb

Pengertian
Soft skill merupakan sekumpulan kompetensi yang mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap atauu tingkah laku sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan.

Latar belakang masalah
Karena belum memiliki soft skill yang kuat dan baik dan soft skill menjadi satu syarat untuk bekerja

MAKSUD DAN TUJUAN
Agar memahami dan bisa menerapkannya mulai sekarang

BATASAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Penjelasan soft skill menurut SKKNI 2020-234 SOFT SKILL

TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami dan mengerti

METODE PELAKSANAAN
Literasi

ALAT DAN BAHAN
Laptop
Charger
Buku SKKNI 2020-234 SOFT SKILL

TARGET WAKTU
(08.00-12.00)Jam kerja

TAHAPAN PELAKSANAAN



Soft skill merupakan ketrampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh besar terhadao keberhasilan dalam pekerjaan secara khusus, dan di kehidupan secara umum.

soft skills merupakan sekumpulan kompetensi yang mencakup  keterampilan,pengetahuan, dan sikap atau tingkah laku sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan.

Dan pada saat ini soft skill lebih banyak dicari dan dibutuhkan karena tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif sebagai akibat adanya persaingan global, tuntunan produktivitas berbasis kompetensi, kebutuhan tenaga kerja yang kompeten, kinerja terukur, kerja tim.

Pengembangan soft skill di dunia kerja meliputi pengembangan
karakter dan kepribadian diri (personal) dan keterampilan menjalin relasi dengan orang lain (interpersonal). aspek tersebut memiliki dampak besar terhadap kinerja seseorang di tempat kerja. Oleh karena itu, melatih dan mengembangkan soft skills sebaiknya tidak hanya dilakukan selama masa persiapan sebelum memasuki dunia kerja namun juga saat telah bekerja.

Tujuan utama dari soft skill adalah memepersiapkan sikap dan perilaku angkatan kerja sesuai tuntunan kerja.

Salah satu yang termasuk dalam soft skill yaitu aspek dalam Employability skill.Employability skill merupakan kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan, serta mengerjakan tugas dalam pekerjaan dengan baik.

Berikut aspek-aspek yang berada di dalam Employability skill meliputi :

1.Inisiatif
Suatu sikap yang harus di miliki oleh semua orang yang ingin melamar pekerjan atau mempertahankan pekerjaan miliknya itu salah satunya adalah inisiatif.Inisatif adalah ide untuk melakukan tindakan secara mandiri dan tidak dengan menunggu perintah.

2.Perencanaan dan pengoorganisasian
Yakni dimana seseorang telah memiliki rencana dan mau mengoorganisasikannya serta memiliki inisiatif untuk melaporkan ke atasan tentang rencana tersebut.

3.Selalu belajar
Tidak hanya belajar tentang ilmu saja melainkan belajar dari kesalahan yang telah ia perbuat sehingga ia kedepannya tidak melakukan kesalahan lagi, dan selalu belajar tentang kekurangan serta hal yang harus ia perbaiki maupun di tingkatkan lagi, dan juga pengetahuan, hal-hal baru yang bermanfaat.

4.Manajemen diri
Yang dimaksud dengan aspek ini ialah saat seseorang tahu akan kekurangannya dan batas kemampuan dirinya sendiri dan juga dia bisa memanajemen waktu agar produktif saat bekerja bayangkan misal ketika bekerja, dia tidak memanajemen diri dan tidak tahu batasan, ia akan seenaknya sendiri untuk melakukan hal-hal yang di luar tanggung jawabnya dan itu berpengaruh besar pada pekerjaan maupun perusahaan yang menerima nya.

5.Mengikuti dan menggunakan teknologi
Seperti zaman sekarang banyak orang yang telah di perbudak oleh teknologi tapi mereka tidak sadar, dan akibat faktor itu hal-hal yang seharusnya tidak terjadi malah makin terjadi dan kebiasaaan-kebiasaan yang dilakuka oleh orng-orang dulu sebelum adanya handphone menjadi berkurang dan bahkan hampir hilang karena teknologi.

Maka dri itu kita harus pandai-pandai menggunakan teknologi agar kita tidak terpengaruh oleh teknologi. Dan menggunakan teknologi seperlunya dan mengikuti perkembangannya.

6.Komunikasi
Setelah ia memiliki aspek inisiatif, perencanaan dan pengoorganisasian, selalu belajar, manajemen diri, mengikuti dan menggunakan teknologi barulah kita berkomunikasi maksudnya kita sudah memiliki inisiatif dan rencana serta kita suda mencari referensi di google misalnya kita haru mengkomunikasikannya ke atasan agar tahu kegiatan apa sih yang kamu lakukan hari ini begitu ya teman"

7.Problem solving
Setelah memiliki 6 aspek diatas barulah kita bisa melakukan problem solving atau penyelesaian masalah secara individu dan aspek komunikasi sangat di perlukan di aspek ini karena mungkin orang yang  berpengalaman lebih tahu daripada google

8.Team work
Team work/Tim kerja akan terbentuk setelah kelompok atau perorangan memiliki 7 aspek" diatas jika tidak ada atau salah satu aja tidak memenuhi 7 aspek diatas maka tidak akan bisa membentuk team work yang produktif.

TEMUAN MASALAH SERTA PENYELESAIANNYA
Kurangnya inisiatif dalam diri sendiri
solusi memberanikan diri untuk bertanya dan melakukan hal-hal secara mandiri

KESIMPULAN

Soft skill sangat penting untuk melamar pekerjaan maupun mempertahankan perkerjaan dan banyak nya remaja muda yang menjadi pengangguran terjadi karena mereka mungkin tidak memiliki soft skill yang baik

REFERENSI

SKKNI 2020-234 SOFT SKILL





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama