BLC TELKOM // MEMAHAMI EMPLOYABILITY SKILL DALAM BUKU EMPLOYABILITY SKILL LULUSAN SMK

 EMPLOYABILITY SKILL


ASSALAMUALAIKUM WR.WB

A.PENDAHULUAN

    a.pengertian
      employability skill adalah suatu sikap / syarat bekerja dan mempertahankan pekerjaan/
    technical skill adalah kemampuan kejuruan atau teknis yang diperoleh
melalui pelatihan dan pengalaman praktis.
    Academic skill adalah kecakapan berpikir rasional yang menjadi
dasar seseorang untuk berpikir.
    b.Latar belakanag masalah
      belum memiliki ketrampilan employability skill yang baik

B.MAKSUD DAN TUJUAN

    Maksud agar tau lebih detail tentang employability skill
    Tujuan agar paham tentang employability skill secara lebih detail

C.BATASAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    memahami buku employability skill lulusan SMK

D.TARGET DAN HASIL YANG DI HARAPKAN

   Dapat memahami dan menerapkan Aspek aspek dalam employability skill dengan baik

E.METODE PELAKSANAAN

  -membaca
  -mendengarkan penjelasan dari Mas Alpin dan Mbak Dina

F.ALAT DAN BAHAN

    -Laptop
    -Chargeer

G.TARGET WAKTU

    (14.00-16.00)2 Jam

H.TAHAPAN PELAKSANAAN

  -medengarkan penjelasan dari Mbak Dina dan Mas Alpin
                                       


        employability skill adalah suatu sikap / syarat bekerja dan mempertahankan pekerjaan/
    technical skill adalah kemampuan kejuruan atau teknis yang diperoleh
melalui pelatihan dan pengalaman praktis.
    Academic skill adalah kecakapan berpikir rasional yang menjadi
dasar seseorang untuk berpikir.   
 
employability skills yang dimiliki siswa SMK berdasarkan
pendapat industri mitra sekolah sebagai tempat Prakerin sebagai
berikut.
1. Komunikasi
Komunikasi adalah tindakan untuk mengekspresikan
ide dan perasaan, dan memberikan informasi kepada orang lain,
baik secara lisan maupun tulisan
Cara untuk mengasah keterampilan komunikasi antara lain:
a. Bicara jelas dan langsung, tidak berbelit-belit;
b. Mendengarkan dengan cermat terhadap instruksi dan
informasi;
c. Membaca dan interpretasi instruksi kerja dengan cermat;
d. Membaca dan interpretasi rambu-rambu keamanan dan
keselamatan.
2. Kerjasama
Kerjasama merupakan kemampuan mental seseorang
untuk dapat bekerja bersama-sama dengan orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas yang telah ditentukan
3. MemecahkanMasalah
Pemecahan masalah adalah suatu pemikiran yang
terarah secara langsung untuk menemukan suatu solusi atau
jalan keluar untuk suatu masalah yang spesifik.
4. Prakarsa dan Berusaha
Prakarsa atau inisiatif adalah salah satu pilar utama dari
proaktivitas.
5. Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
Kemampuan merencanakan dan mengatur kegiatan
dapat diartikan juga sebagai kemampuan manajerial.
6. Mengelola Diri
Pengeloaandirimerupakan
kemampuanmengendalikan pikiran, ucapan, emosi dan perbuatan.
Seseorang yang memiliki kemampuan ini dapat menghindarkan diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar.
7. Belajar
Belajar merupakan proses mengembangkan keterampilan, kompetensi, dan sikap. Keterampilan,kompetensi, dan sikap akan berupah kualitas dan kuantitasnya apabila telah mengalami yang namanya pengalaman dan pengetahuan.

Keterampilan employability secara khusus berkaitan
dengan kemampuan bekerja seseorang dengan berbagai situasi
yang meliputi keterampilan atau kecakapan sebagai berikut.
1. Komunikasi
2. Kerjasama Tim
3. Memecahkan Masalah
4. Prakarsa dan Berusaha
5. Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
6. Mengelola Diri
7. Belajar
8. Menggunakan Teknologi
9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

A. Keterampilan Berkomunikasi
Definisi dari komunikasi adalah menerima dan
menyampaikan informasi yang benar baik secara lisan maupun
tulisan secara efektif untuk menghindari kesalahpahaman
keterampilan
berkomunikasi yang dapat diidentifikasi meliputi:
a. Mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain;
b. Memahami kebutuhan pelanggan internal dan eksternal;
c. Menuliskan kebutuhan audience;
d. Berbicara secara langsung dan jelas;
e. Menyampaiakan informasi dan pendapat secara lisan;
f. Menyampaikan informasi dalam bentuk presentasi;
g. Menyampaiakan gagasan dalam bentuk tulisan;
h. Berbagi informasi;
i. Mengembangkan sikap dan gaya penyampaian gagasan
sesuai situasi dan kondisi.

beberapa tata cara berkomunikasi yang efektif
yaitu:
a. Melihat lawan bicara
Pembicara menatap bola mata ataupun kening lawan
bicaranya, sehingga tidak terjadinya ketersinggungan, tidak
menghadapkan tatapan ke arah kanan atau kiri, dan menatap
dengan pandangan yang tidak marah atau sinis.
b. Suaranya terdengar jelas
Percakapan harus memperhatikan keras atau tidak
suara, tidak hanya terdengar samar-samar, sehingga akan
menimbulkan ketidakjelasan inti dari percakapan.
c. Ekspresi wajah yang menyenangkan
Ekspresi wajah merupakan gambaran dari hati
seseorang, sehingga tidak menampilkan ekspresi yang tidak
enak.
d. Tata bahasa yang baik
Penggunaan bahasa sesuai dengan lawan bicaranya,
misalnya saja saat berbicara dengan orang yang lebih tua, maka
gunakan bahasa yang sopan.
e. Pembicaraan mudah dimengerti, singkat dan jelas
Pemilihan tata bahasa yang baik dan kata-kata yang
mudah dimengerti, sehingga tidak menimbulkan kebingungan
lawan bicara.

B. Keterampilan Bekerja dalam Kelompok
Definisi dari bekerja dalam kelompok adalah
memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pencapaian
tujuan tim
C. Keterampilan Memecahkan Masalah
Definisi masalah menurut (Gilbert, 2003) adalah situasi
dimana jawaban atau tujuan belum diketahui. Sedangkan
Moursund (2005:29) mengatakan bahwa seseorang dianggap
memiliki dan menghadapi masalah bila menghadapi 5 kondisi
berikut ini:
a. Memahami dengan jelas kondisi atau situasi yang sedang
terjadi.
b. Memahami dengan jelas tujuan yang diharapkan.
c. Memiliki berbagai tujuan untuk menyelesaikan masalah dan
dapat mengarahkan menjadi satu tujuan penyelesaian.
d. Memahami
sekumpulan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi situasi yang terjadi sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Hal ini meliputi waktu,
pengetahuan, keterampilan, teknologi atau bahan tertentu.
e. Memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai sumber
daya untuk mencapai tujuan.

D. Keterampilan dalam Mengambil Prakarsa dan
Berusaha
Definisi dari keterampilan dalam mengambilprakarsa
dan berusaha adalah kemampuan mengambil inisiatif sehingga
dapat memberikan kontribusi pada upaya meningkatkan
dampak pada kegiatan usaha. Atribut-
atribut berusaha yang diidentifikasi meliputi:
a. Adaptasi terhadap situasi baru;
b. Mengembangkan strategi, kreativitas, dan visi jangka
panjang;
c. Mengidentifikasi peluang;
d. Menerjemahkan ke dalam tindakan;
e. Menginisiasi solusi-solusi inovatif.

E. Keterampilan
Merencanakan
dan
Mengatur
Kegiatan
Definisi dari merencanakan dan mengatur kegiatan
adalah kemampuan dalam memberikan kontribusi pada
rencana strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang
(BCA/ACCI, 2002: 42). Atribut-atribut merencanakan dan
mengatur kegiatan yang diidentifikasi meliputi:
a. Mengelola waktu dan prioritas kegiatan ;
b. Mengambil inisiatif dan membuat keputusan;
c. Berpartisipasi dalam proses perencanaan dan peningkatan
secera berkelanjutan;
d. Membuat tujuan proyek menjadi jelas dan dapat dilaksanakan;
e. Menyesuaikan sumber daya untuk menanggulangi berbagai
kemungkinan.
F. Keterampilan Mengelola Diri

Definisi dari keterampilan mengelola diri yaitu
mempunyai kepercayaan diri dan komitmen untuk
mengalokasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk hal-hal yang
sangat prioritas. Atribut-atribut
keterampilan mengelola diri yang diidentifikasi meliputi:
a. Bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakan yang
diambil;
b. Membuat rencana kerja secara sistematis;
c. Melaksanakan rencana kerja secara konsisten;
d. Bersikap tenang dalam melaksanakan rencana kerja secara
konsisten;
e. Melakukan evaluasi diri mengupayakan guna peningkatan
kinerja;
f. Memiliki keyakinan dan kemampuan untuk menyelesaikan
pekerjaan.

Manajemen diri adalah kemampuan yang dimiliki
seseorang untuk mengurus dirinya sendiri.
Beberapa hal terkait manajemen diri
a. Manajemen waktu
b. Manajemen keuangan
c. Manajemen SDM
d. Manajemen Peralatan
Bagaimana membangun manajemen di dalam diri?
Manajemen diri dapat kita olah sedemikian rupa agar
manajemen yang kita lakukan setiap hari dan setiap waktu
menjadi berguna untuk diri kita dan orang lain, maka dari itu
disiplin adalah salah satu kunci sukses dalam membangun
management di dalam diri kita. Manajemen diri merupakan
suatu cara untuk menolong manusia membangun
kepribadiannya secara utuh (berintegritas) sehingga setiap
manusia dapat mencapai potensi yang maksimal dalam dirinya.

Teknik-teknik Membangkitkan Percaya Diri
a. Berani menerima tanggung jawab
Salah satu kunci untuk menumbuhkan rasa percaya diri
yaitu berani menerima resiko dampak atau akibat yang akan
terjadi.
b. Kembangkan nilai positif
Jalan menuju kepercayaan diri akan semakin cepat
manakala kita mengembangkan nilai-nilai positif pada diri
sendiri.
c. Bacalah potensi diri
Segeralah lacak, gali, dan eksplorasi potensi sukses yang
ada pada diri kita.
d. Berani mengambil risiko
Keberanian dalam mengambil risiko ini penting, sebab
daripada menyerah pada rasa takut alangkah lebih baik belajar
mengambil risiko yang masuk akal.
e. Tolaklah saran negatif.
Bisa jadi, tidak semua orang di sekitar kita memberikan
dorongan, dukungan, dan bersikap positif pada kita.
f. Ikuti saran positif.
Rasa percaya diri merupakan sifat “menular”. Artinya,
jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara
pandang positif, bersemangat, optimis, dsb, maka kita memiliki
kecenderungan untuk meniru sifat tersebut.
g. Jadikan keresahan sebagai kawan
Banyak peristiwa atau saat-saat dalam kehidupan yang
dapat membuat kita mengalami rasa cemas atau gelisah.
Akibatnya, kita mengalami krisis percaya diri. Saat itulah kita
harus mulai mengingatkan diri sendiri bahwa rasa cemas dan
gelisah merupakan kawan

Manfaat apa saja yang di dapat di dalam manajemen diri
a. Dapat menjadikan kita seseorang yang menghargai waktu
karena menurutnya waktu tidak dapat dibeli dan tidak dapat
datang untuk kesekian kalinya maka gunakanlah waktu
dengan sebaik- baiknya.
b. Hidup kita akan terkontrol jika kita memiliki management
hidup yang baik maka kita akan mengetahui bagaimana cara
kita memperlakukan waktu dengan sebaik-baiknya tanpa
membuang waktu dengan percuma.
c. Memiliki pandangan hidup yang luas tentang bagaimana
kita nantinya, mau jadi apa kita nantinya dan hidup tidak
akan terbuang sia-sia karena kita sudah mempunyai
planning ke depan, untuk menjadikan hidup kita menjadi
sukses karena manajemen yang kita bangun dengan sebaik
mungkin.

G. Keterampilan dalam Pembelajaran
Definisi dari keterampilan dalam pembelajaran yaitu
mendapatkan pengetahuan dan keahlian baru dengan cepat dan
mudah . Atribut-atribut keterampilan
dalam pembelajaran yang diidentifikasi meliputi:
a. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar untuk
mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal;
b. Menerima dan memahami informasi baru dengan cepat;
c. Menerapkan hal-hal yang telah dipelajari dan menggunakan
keahlian dan pengetahuan baru dengan praktis, tenang dan
mudah;
H. Keterampilan Menggunakan Teknologi
Definisi
dari
menggunakan
teknologi
adalah
menggunakan teknologi informasi dalam menyelesaikan
pekerjaan. Atribut-atribut keterampilan
menggunakan teknologi yang diidentifikasi meliputi:
a. Menggunakan komputer untuk kelancaran penyelesaian
tugasnya;
b. Berusaha mengetahui manfaat aplikasi komputer yang
dibutuhkan dalam pekerjaan;
c. Memelihara hardware/software tetap berfungsi secara baik.

I. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan salah
satu faktor penting yang dapat mempengaruhi produktivitas
karyawan.
Aspek keselamatan dan kesehatan kerja untuk siswa
SMK sebagai berikut.
a. Lingkungan atau area kerja;
b. Sarana prasarana keselamatan kerja;
c. Ketepatan penggunaan peralatan praktik;
d. Pencegahan kecelakaan kerja; dan
e. Pertolongan Pertama dapa Kecelakaan (PPPK).
d. Terbuka untuk menerima pengetahuan dan keahlian baru.

I.TEMUAN MASALAH SERTA PENYELESAIANNYA

    masih sulit untuk memahami secara detail yg dimaksud dengan employability skill secara detail pada buku employability skill lulusan smk
solusi membaca lagi buku employability skill lulusan smk dan memahaminya

J.KESIMPULAN

jadi employability skill itu sangat diperlukan dalam pekerjaan dan untuk mempertahankan pekerjaan yang sudah di dapat.

K.REFERENSI

    buku employability skill lulusan smk.pdf


SEKIAN PENJELASAN TENTANG KEPAHAMAN SAYA>>:)

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

KEEP FIRGHTING KAWAND..!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama