ORANG YANG SIAP BEKERJA || BLC TELKOM KLATEN

KERJA KERJA DAN KERJA!


PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb

Pengertian
Kerja adalah sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan sebuah hasil yang diharapkan.

Soft skill adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh pekerjaan apapun. Misalnya, komunikasi, manajemen waktu, motivasi, kecerdasan emosional, dan lainnya.

Employability skill merupakan kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan atau mepertahankan sebuah pekerjaan

Latar belakang masalah
Di karenakan banyak yang masih belum mengerti tentang kerja itu seperti apa dan masih banyak yang memiliki kekurangan soft skill

MAKSUD DAN TUJUAN
Agar yang belum mengetahui menjadi tahu dan dapat segera melakukannya dan memperbaiki soft skill nya lagi

BATASAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Pengenalan tentang kerja dan soft skill

TARGET DAN HASIL YANG DI HARAPKAN
Dapat memahami dan anak" cepat sadar dan memiliki motivasi serta tujuan yang jelas

METODE PELAKSANAAN
Berdiskusi

ALAT DAN BAHAN
Laptop
Charger
Internet

TARGET WAKTU
(08.00-16.00)Jam kerja

TAHAPAN PELAKSANAAN
Orang yang dikatakan siap untuk bekerja apabila dia memiliki employability skill yang baik berikut penjelasan tentang employability skill dan pengertian kerja.

Kerja yaitu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu yang menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan yang ada seperti barang atau jasa dan memperoleh bayaran atau upah.

Tujuan kerja
Biasanya tujuan seseorang mencari pekerjaan atau bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Walaupun sebenarnya tujuan bekerja itu tidak hanya sekedar mendapatkan penghasilan saja, melainkan ada banyak sekali tujuan dan masing-masing orang memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Kenapa semua orang harus bekerja?
Orang-orang bekerja karena macam-macam alasan atau tujuan. Alasan atau tujuan paling mendasar adalah untuk mencari nafkah, yaitu mendapatkan hal-hal mendasar yang kita butuhkan untuk bisa terus hidup, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Orang yang diaktakan dia siap untuk bekerja ialah orang yang memiliki soft skill yang baik.

Apa sih yang dinamakan soft skill itu?
Soft skill adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh pekerjaan apapun. Misalnya, komunikasi, manajemen waktu, motivasi, kecerdasan emosional, dan lainnya.

Apa yang dinamakan Employability skill?
merupakan kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan, serta mengerjakan tugas dalam pekerjaan dengan baik.

Apakah penting employability?
Employability skills atau kecakapan bekerja perlu dimiliki oleh sumber daya manusia di semua jenjang karir di dunia kerja. Dengan demikian, para pekerja selalu dapat bekerja dengan efektif dan efisien, sehingga memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Berikut 8 aspk di dalam employability skill :

insiatif
insiatif itu apa? inisiatif itu ide untuk melakukan hal baru lebih tepatnya ke kesadaran diri dan melakukan sebuah kegiatan tanpa di suruh.

perencanaan dan pengorganisaian
yang dimaksud dengan perencanaan itu ya rencana kalian mau ngapain dan pengorganisaian  cara kalian menjalankan rencana tersebut.

manajemen diri
kemampuan untuk mengatur emosi , pikiran, & perilaku seseorang dalam situasi yang berbeda secara efektif.

komunikasi
komunikasi adalah interaksi antar manusia satu dengan manusia lainnya ada dua macam komunikasi :

komunikasi satu arah : contohnya mendongeng yang memungkinkan satu pihak berbicara dan pihak yang lainnya mendengarkan tanpa ada satupun balasan.

komunikasi dua arah : contohnya seperti bersdiskusi , musyawarah, dan lain lain yang memungkinkan satu pihak bicara dan pihak yang lain menjawab.

selalu belajar
agar kita yang belum tau menjadi tau dan belajar dari kesalahan yang pernah kita buat.

mengikuti dan menggunakan teknolgi
mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan teknologi secara baik dan benar , tidak menggunakan teknologi secara berlebihan untuk ngegame nonton film dan sebagainya.

problem solving
menemukan masalah dan bisa memyelesaikannya.

team work
setelah melengkapi aspek diatas dan bisa menerapkannya dengan baik baru lah tercipta team work.


TEMUAN MASALAH SERTA PENYELESAIANNYA
Belum memiliki soft skill yang baik pada inisiatif
solusi berani mengungkapkan pendapat terlebih dahulu

KESIMPULAN
Soft skill itu sangat penting dalam sebuah pekerjaan jika karyawan tidak memiliki soft skill yang baik maka perusahaan/sebuah pekerjaan itu akan rugi atau bisa saja hancur

dan pada saat ini perusahaan memrlukan orang yang memiliki 80% soft skill sedangkan hard skill anya 20% saja.

REFERENSI
Google chrome
Buku-Employability_Skill_Lulusan _SMK.pdf

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama