SUKSES DENGAN SOFT SKILL || BLC TELKOM

SOFT SKILL


 

PENDAHULUAN
 

Pengertian

SOFT SKILL adalah sikap atau prilaku  baik yang bisa membuat kita mejadi sukses di masa depan karena percuma saja apabila kita memiliki hard skill yang baik tetapi kita tidak memiliki soft skill yang baik juga orang orang tidak bisa memercai kita

b. Latar belakang

Selai kita harus memiliki hard skill kita juga harus memiliki soft skill karena soft skill perannya lebih penting dari pada hard skill
 

MAKSUD DAN TUJUAN

Membahas pentingnya soft skill bagi kesuksesan hidup supaya bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan
 

BATASAN DAN RUANG LINGKUP

-Pengertian soft skill
-Area soft skill
 

 TARGET YANG DI HARAPKAN

Bisa mengimplementasikan soft skill dalam hidup agar bisa sukses di masa mendatang
 

 METODE PELAKSANAAN

-Berdiskusi
-Tanya jawab
 

 ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-Charger
-Ebook sukses bersama soft skill.pdf
 

TARGET WAKTU

08.00-12.00
 

 TAHAPAN PELAKSANAAN

SOFT SKILL

   soft skill merupakan sikap atau prilaku baik yang bisa membuat kita sukses untuk masa mendatang karena hard skill saja tidak cukup untuk bisa sukses. Hard skill yang baik tanpa di adanya soft skill yang baik pula maka belum tentu kita bisa sukses di masa mendatang karena kebiasaan kebiasaan sikap yang baik atau soft skill itu sangat menunjang kesuksesan kita

   Soft skill memiliki 7 area yang di singkat COLLEGE (Comunication skill, Orgnization skill, Leadership, Logic, Effort, Group skill, Ethics)

Pembahasa COLLEGE:

1. Communication skill (skill berkomunikasi)

   skill komunikasi di bagi menjadi 2 yaitu komunikasi lisan dan tertulis mencakup komunikasi lisan

Beberapa tips komunikasi lesan:

-berbicara dengan jelas
-berbicara dengan lengkap supaya tidak menimbulkan pertanyaan pertanyaan baru
-gunakan alat bantu saat berkomunikasi
-berbicara poin poinya saja

Tips komunikasi tertulis:

-sampaikan dengan padat dan jelas
-gunakan poin penekanan
-jadi editor mandiri

2. Organization skill

   organization skill ini meliputi managemen waktu, meningkatkan motivasi, menjaga kesehatan dan penampilan

-Managemen waktu
   managemen waktu sangatlah penting supaya kita bisa melakikan pekerjaan atau kegiatan dengan terstrukturagar bisa managemen waktu bisa dengan metode: buat daftar kegiatan telebih dahulu, buat skala prioritas, perkirakan kebutuhan waktu, alokasikan waktu, evaluasi kegiatan yang sudah di lakukan

-Meningkatkan motivasi
   tips memotivasi diri bagi tugas yang besar, tetapkan sasaran tiap kerja, gunakan aturan 5 menit, beri hadiah pada diri ketika sudah melakukan kegiatan

-menjaga penampilan
   tips menjaga penampilan kenakan pakaian yang tepat, rambut yang rapi, pancarkan percaya diri

3. Leadership (berkepimpinan)

   kemudian slah satu soft skill yang yangat peting yaitu berjiwa kepimpinan karakteristik pemimpin yang baik adalah:

-Memiliki Visi
-Cakap secara Teknis
-Membuat Keputusan Tepat
-Berkomunikasi dengan Baik
-Memberikan Keteladanan
-Mampu Mempercayai Orang
-Mampu Menahan Emosi
-Tahan Menghadapi Tekanan
-Bertanggung Jawab

4. Logic

   kemudian soft skill yang tidak kalah penting yaitu Logic meliputi bisa menyelesaikan masalah, berfikikr kreatif

langkah menyelesaikan masalah:

- Rumuskan masalah

- Temukan alternatif solusi

- Analisa tiap alternatif
-Pilih alternatif terbaik
-Laksanakan pilihan solusi
-Evaluasi hasil

berfikir kreatif meliputi:

-Proses penciptaan jalan keluar dari suatu masalah
-Tidak harus menemukan peralatan ajaib
-Berpikir di luar kebiasaan
-Fokus untuk menyelesaikan masalah

5. Effort

   soft skill Effort meliputiKetahanan Menghadapi Tekanan, Asertif atau sikap atara pasif dan agresif, Kemampuan dan kemauan belajar

6. Group skills

   kemutian soft skill yang sangat berguna sekali dalam bekerja yaitu kerja sama tim kenapa kerjasama tim sangat penting karena apabila dalam sebuah tim ada seseorang yang tidak memiliki sifat kerjasama tim maka pekerjaan akan sulit untuk di kerjakan

hambatan hambatan dalam kerjasama tim:
-ketika ada tim yang tidak tahu ruang lingkup kerja dan tidak berusaha untuk tahu
-enggan membuka diri atau tidak ada komunikasi
-berprasangka buruk atau kerja tidak dengan sepenuh hati

7. Ethics

   yang terahir yaitu etika kerja kenapa etika kerja sangat penting, karena 87% orang kehilangan kerja karena tidak memiliki etika kerja yang baik

etika kerja adalah belajar membedakan antara yang salah dan yang benar dalam dunia kerja

beberapa karakter etika kerja yang di butuhkan pekerjaan:
-dapat di percaya
-hormat
-bertanggung jawab
-perhatian
-adil
-taat peraturan
 

TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN

-Masih pasif saat berdiskusi penyelesaianya harus di pancing dengan pertanyaan pertanyaan terlebih dahulu
 

KESIMPULAN

Soft skill sangatlah penting apalagi dalam dunia kerja karena industri membutuhkan 80% soft skill dan hanya 20% hard skill dan soft skill juga bisa menjadi salah satu kunci sukses
 

REFERENSI

-Ebook SUKSES DENGAN SOFT SKILL.pdf

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama